Cara Membangun dan Mengelola Tim Dengan Baik dalam Bisnis


Anda merupakan seorang pengusaha ? atau pelaku bisnis? atau bahasa kerennya adalah enterpreneur. Jika iya, maka silahkan lanjutkan membaca artikel Cara Membangun dan Mengelola Tim Dengan Baik dalam Bisnis ini sampai habis karena menjadi seorang enterpreneur, cepat atau lambat akan memiliki sebuah tim yang akan sangat membantu dalam perjalanan usaha dan bisnis yang anda akan jalankan, cepat atau lambat.

Memiliki sebuah tim merupakan sebuah hal yang tidak mudah untuk di jalankan, di kelola dan lain-lain, karena tim adalah sebuah kelompok yang memiliki tujuan yang sama, untuk mencapainya, maka harus dengan bekerja sama, memiliki visi yang sama agar tujuan tersebut dapat tercapai.

Pertanyaannya adalah, Apakah kamu mampu mengelola dan membangun tim itu dengan baik? apakah kamu seorang pemimpin? karena tidak semua orang mampu menjadi pemimpin yang baik, dibutuhkan soft skill yang harus dipelajari agar kita mampu berinteraksi dengan teman tim kita agar komunikasi lancar sehingga tujuan tim tersebut dapat tercapai.

Bagaimana Cara Membangun dan Mengelola Tim Dengan Baik ?

Kunci sukses tim tersebut dapat berjalan dengan baik yaitu adanya hubungan yang baik antara setiap anggota tim nya? kali ini Canda Creative akan memberikan beberapa tips untuk membangun dan mengelola tim kamu agar tetap solid yah guys.

1. Ketahui apa motivasi anggota tim anda


Setiap orang memiliki motivasi yang berbeda, terutama motivasi kerja, ada yang suka jika suasana yang nyaman, ada yang ga suka kalau sunyi, ada pula yang punya motivasi jika diberi bonus setiap memiliki pencapaian yang baru, peka terhadap motivasi tersebut dan lakukan eksekusi.

2. Ketahui cara belajar dan cara kerja mereka


Bermacam-macam jenis setiap anggota tim dalam bekerja, ada yang ulet, ada yang cekatan, ada pula yang kerjanya santai namun rapi dan teliti, ketahui apa yang mereka terapkan dan cari solusi agar mereka tetap melakukan hal tersebut namun tetap menghasilkan sesuatu yang baik


3. Pimpin mereka dari depan


Maksudnya apa? Jadilah seorang pemimpin yang mampu dia jadikan panutan, yang mampu dia percaya, bertanggung jawablah atas yang dia lakukan dan tetap arahkan dia agar melakukan hal yang tepat

 Cara Membangun dan Mengelola Tim Dengan Baik dalam Bisnis

4. Jadilah pemimpin yang memiliki selera humor


Tunjukkan kepada anggota tim anda bahwa anda memiliki selera humor dan kemampuan untuk menjalin interaksi, akan sangat membantu kerja sama dalam tim anda, apalagi jika anda memiliki selera humor yang sama.

5. Miliki visi dan tujuan yang sama


Arahkan mereka agar memiliki tujuan yang sama, visi yang sama dengan anda, lalu konsisten, berikan kepercayaan agar mereka merasa dihargai

6. Perhatikan pencapaian yang telah ia dapatkan dan berikan penghargaan


ini termasuk salah satu poin yang penting menurut saya, karena banyak dari pemimpin tim yang menganggap gaji mereka sudah cukup atas apa yang mereka kerjakan, termasuk pencapaian yang mampu membuat tim anda memiliki perkembangan yang tidak biasa, ini tentunya berhubungan dengan poin no. 1 tentang ketahui motivasi mereka, jika motivasi mereka adalah uang, maka berilah sedikit bonus gaji atas apa yang telah mereka dapatkan, ajak ke tempat makan dan sesekali bayarkan, tentunya juga akan berdampak positif pada hubungan kerjasama tim anda

7. Seimbangkan tujuanmu dengan apa yang anggota mu butuhkan

Kadang ego tiba-tiba datang dari dalam diri kita, sehingga muncul sifat serakah dari apa yang kita dapatkan, ingat! hal yang dicapai tidak mungkin sampai jika bukan hasil dari kerja sama tim, jika berdasarkan apa yang Yasa Singgih  katakan di salah satu seminar Enterpeneur, dia rela tidak gajian sampai semua karyawannya mendapatkan gaji, patut jadi contoh


8. Luangkan waktu untuk membangun tim secara bersama


Pembentukan tim sangat penting. Coba pikirkan tentang hal itu. Sering terjadi Anggota tim kita menghabiskan seluruh harinya untuk bekerja dengan kita dibading bersama keluarganya. Hal yang hebat dalam pembentukan tim itu tidak terlalu sulit, cukup luangkan waktu misalnya ngopi bareng, bercanda atau merayakan pencapaian. itu akan membuat mereka terhindar dari tekanan.
Make Image responsive
Make Image responsive

0 Response to " Cara Membangun dan Mengelola Tim Dengan Baik dalam Bisnis"

Post a Comment